Powered By Blogger

Minggu, 17 Maret 2013

SATUAN LAYANAN


SATUAN LAYANAN
A.  Topik                                             : Cara belajar efektif dapat meningkatkan prestasi belajar
B.  Bidang bimbingan                        : Belajar
C.  Fungsi kegiatan                            : Pemahaman dan Perbaikan
D.  Tujuan                                           : Siswa dapat memahami cara belajar yang efektif
E.  Sasaran kegiatan                          : Siswa kelas X SMA
F.   Uraian kegiatan               
1.      Srategi Penyajian                      : Ceramah, Tanya jawab dan Permainan Menghafal
2.      Materi                                       : a. Pengertian belajar
  b. Persiapan sebelum belajar
              c. Langkah-langkah belajar efektif
              d. Tujuh gaya belajar efektif
G. Tempat penyelenggaraan            : Ruang kelas
H.  Waktu, Semester                          : 10 Oktober 2010, Semester 1
I.     Penyelenggara                              : Guru BK
J.    Pihak yang disertakan                 : Guru Mata Pelajaran dan Wali Kelas
K. Alat yang digunakan                    : Laptop, OHP, Paper, Alat tulis
L.  Rencana penilaian                        : Penilaian Jangka Pendek, dan Penilaian Jangka Panjang
M.Catatan Khusus                : -





Surakarta, 05 Oktober 2010

Kepala Sekolah                                                                             Guru Pembimbing



_________________                                                                    __________________
NIP.                                                                                             NIP.






A.                Pengertian Belajar
Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Nana Syaodih Sukmadinata (2005) menyebutkan bahwa sebagian terbesar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar.
Di bawah ini disampaikan tentang pengertian belajar dari para ahli :
·           Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
·           Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
·           Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
·           Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”.
·           Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
·           Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”.
Dari beberapa pengertian belajar tersebut diatas, kata kunci dari belajar adalah perubahan perilaku.
Perlu anda ketahui, setiap orang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Ada yang bergaya belajar verbal, visual, atau kinestetik. Masing- masing gaya tersebut memiliki karakteristik bebeda. Saat ini, mungkin Anda sedang mencari teknik belajar yang efektif. Merasa cara belajar Anda selama ini masih kurang pas, dan tidak optimal.




B.                 Persiapan Sebelum Belajar
a.       Persiapan Mental
Masalah mental memiliki peran tersendiri dalam mendukung kesuksesan belajar Anda. Karenanya, bayangkan, hasil ujian yang baik agar Anda merasa bahagia dan nyaman dalam belajar. Berpikirlah positif. Yakinlah, Anda mampu menyelesaikan semua pelajaran dengan baik. Teknik belajar yang baik adalah dengan memasang mental Juara. Seorang juara akan selalu berjuang hingga titik darah penghabisan, tanpa peduli hasil akhir yang akan ia dapatkan.
b.      Persiapan Fisik
Jika fisik tidak prima, maka Anda tidak mungkin bisa belajar dengan efektif. Sebelum mulai belajar, Anda bisa melakukan senam ringan, untuk memberikan efek ketenangan pada psikis Anda. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi sebelum belajar. Anda juga bisa mandi terlebih dahulu, agar lebih bersemangat dalam belajar. Fisik yang bugar, menjadi bagian teknik belajar yang efektif.
c.       Tentukan yang ingin dipelajari
Pastikan Anda mempelajari mata pelajaran yang tepat. Jika Anda akan menghadapi ujian, jangan sampai Anda tidak mendapatkan informasi mengenai bab yang akan diujikan. Akan sangat fatal hasilnya jika Anda mempersiapkan yang bukan sesungguhnya diujikan, karena keteledoran Anda. Sebaik apapun teknik belajar yang Anda gunakan, jika tidak didukung keakuratan informasi materi yang diujikan, maka hasilnya tidak akan optimal.
d.      Berdoa
Hal ini akan melatih konsentrasi dan menumbuhkan keyakinan diri sebelum melakukan sesuatu. Bahkan, keyakinan menjadi satu faktor pendukung kesuksesan, yang mendukung teknik belajar yang lain.

Berikut ini langkah-langkah teknik belajar yang efektif :
1.      Kenali gaya belajar Anda
Pahami, apakah Anda lebih mudah mengingat sesuatu melalui verbal, gambar (visual), atau kinestetik. Jika tipe verbal, perbanyak belajar melalui membaca atau mendengarkan. Jika tipe visual, perbanyaklah belajar menggunakan bantuan gambar-gambar. Sementara bila tipe kinestetik, lakukan belajar sambil melakukan (berbuat).
2.      Latih konsentrasi
Teknik belajar yang baik tidak ditentukan pada lamanya waktu, tapi kualitas tingkat konsentrasi. Untuk melatihnya, setiap hari biasakan 5-10 menit untuk belajar. Semakin lama tingkatkan durasi waktunya.
3.      Kontinyu
Jangan belajar hanya saat akan menghadapi ujian. Biasakan belajar secara rutin. Sesuatu yang dibaca berulang-ulang pasti akan lebih mudah diingat.
4.      Gunakan teknik menghafal
Anda bisa menggunakan beberapa sistem dalam menghafal yang efektif. Misalnya, membuat singkatan dengan istilah yang mudah diingat. Model itu disebut jembatan keledai atau kaitkan konsep dengan gambar tertentu yang lebih mudah diingat.
5.      Buat catatan singkat pada kertas kecil untuk memudahkan mengingat
Anda bisa menggunakan teknik belajar ini untuk mengingat hal-hal penting dalam proses belajar Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengulangnya dari catatan tersebut, tanpa perlu membawa diktat pelajaran yang tebal.

C.                Tujuh Gaya Belajar Efektif
Setiap individu pasti mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Dan banyak sekali gaya yang bisa dipilih untuk belajar secara efektif. Nah, berikut adalah tujuh gaya belajar yang mungkin bisa anda ikuti, khususnya bagi yang belum menemukan cara belajar yang efektif.
1.      Bermain dengan kata.
Gaya ini bisa di mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.
2.      Bermain dengan pertanyaan.
Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila itu dilakukan dengan cara bermain dengan pertanyaan. Misalnya, kita memancing keinginan tahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil yang paling akhirnya atau kesimpulan.
3.      Bermain dengan gambar.
Ada sementara orang yang lebih suka belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Orang yang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu. Jika Anda termasuk kelompok ini, tak salah bila Anda mencoba mengikutinya.
4.      Bermain dengan musik.
Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satu instrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyak orang yang suka mengingat beragam informasi dengan cara menginat notasi atau melodi musik. Ini yang disebut sebagai ritme hidup. Mereka berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenai beragam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yang kemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitan dengan itu. Misalnya mendegarkan musik jazz, lalu tergeliik bagaimanalagu itu dibuat, siapa yang membuat, dimana, dan pada saat seperti apa lagu itu muncul. Informasi yang mengiringi lagu itu, bisa saja tak sebatas cerita tentang musik, tapi juga manusia, teknologi, dan situasi sosial politik pada kurun waktu tertentu.
5.      Bermain dengan bergerak.
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompok yang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.
6.      Bermain dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapat dengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.
7.      Bermain dengan Kesendirian.
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya, termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini, biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjaga privasinya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memiliki kamar pribadi akan sangat membantu Anda bisa belajar secara mandiri.
Dengan siswa dapat menggunakan cara-cara belajar efektif yang baik, maka siswa dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran, memudahkan siswa untuk mengingat pelajaran dengan mudah dan menyenangkan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar