RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Standar Kompetensi : Menerima keadaan diri dan mengunakan secara efektif
B. Kompetensi Dasar : menerapkan pola hidup sehat
D. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi
E. Jenis Layanan : Layanan Informasi
F. Fungsi Layanan : Pemahaman
G. Tujuan Layanan :
(1). siswa dapat mengetahui pola hidup sehat
(2). Siswa dapat memahami tentang pola hidup sehat
(3). siswa dapat mengubah kebiasaan yang mengacu pola hidup sehat
H. Sasaran Layanan : Siswa Kelas VIII SMP N 2 Klaten
I. Diskripsi Materi Layanan :
§ Pengertian pola hidup sehat
§ Manfaat pola hidup sehat
§ Hal-hal yang Mencerminkan Gaya Hidup Sehat
§ Tips menambah berat badan dan tips diet yang sehat
J. Uraian Kegiatan :
Pembukaan: 1. Guru BK/ Konselor masuk ruangan, membuka
Kegiatan.
2. Guru BK memberikan ice breaking kepada
peserta layanan.
3, Guru BK memberikan Apresepsi
Inti: 4. Guru BK/ Konselor menjelaskan pola hidup sehat
5. Guru BK/Konselor menjelaskan manfaat pola
hidup sehat
6. Guru BK menjelaskan hal-hal yang
pola hidup sehat
7. Guru BK menjelaskan tentang tips-tips hidup
sehat
8.Pemutaran Video
Penutup: 9. Guru BK/ Konselor membuka season
pertanyaan ataupun tanggapan dari
peserta layanan
K. Metode dan Media : Presentasi, tanya jawab, dan diskusi
L. Tempat : Ruang kelas VIII
M. Waktu,Tgl, Semester :
Ø 1 x 45 menit 20 Oktober 2011 Semester 1 (satu)
N. Penyelenggara : Guru Bimbingan dan Konseling
O. Alat dan perlengkapan yang digunakan :, laptop, dan LCD
P. Media :Power Point, Pemutaran video
Q. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan :
Ø Pemahaman materi layanan
Ø Mengamati siswa selama mengikuti kegiatan layanan
Ø Partisipasi siswa dalam memberikan tanggapan
R. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
Ø Sebagai titik tolak pelaksanaan layanan BK, selanjutnya sesuai dengan jenis layanan yang ada.
Ø Sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam layanan konseling perorangan.
S. Catatan Khusus :
Ø Siswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan BK di Sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar