RENCANA PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Bahasan :Narkoba dan bahaya pemakaiannya di kalangan Remaja
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Sosial
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Tujuan Layanan :
(1). Peserta didik mampu mengetahui bahaya penggunaan narkoba
(2). Peserta didik mampu memahami bahaya penggunaan narkoba
(3). Peserta didik mampu menangulangi penggunaan narkoba
F. Kompetensi Dasar : menerapkan pola hidup sehat
G. Sasaran Layanan : Siswa Kelas VIII SMP N 2 Klaten
H. Diskripsi Materi Layanan:
Ø Pengertian Narkoba
Ø Penggolongan Narkoba
Ø Penyalahgunaan Narkoba
Ø Penyebab Penggunaan Narkoba
Ø Dampak penyalahgunaan Narkoba
Ø Bahaya bagi Remaja
Ø Apa yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba
I. Uraian Kegiatan :
Pembukaan: 1. Guru BK/ Konselor masuk ruangan, membuka
Kegiatan.
2. Guru BK memberikan ice breaking kepada
peserta layanan.
Inti: 3. Guru BK/ Konselor menjelaskan Pengertian Narkoba
4. Guru BK/Konselor menjelaskan pengolonga narkoba
5. Guru BK/Konselor menjelaskan penyalagunaan
Narkoba dan penyebab pengunaan
6. Guru BK/Konselor menjelaskan dampak
penyalagunaan narkoba
7. Guru BK/Konselor menjelaskan bahaya narkoba bagi
remaja
8. Guru BK/Konselor menjelaskan yang dapat
dilakukan untuk menangulangi narkoba.
9. Pemutaran Video
Penutup: 10. Guru BK/ Konselor membuka season
pertanyaan ataupun tanggapan dari peserta layanan
J. Metode dan Media : Presentasi, tanya jawab, dan diskusi
K. Tempat : Ruang kelas VIII
L. Waktu,Tgl, Semester :
Ø 1 x 45 menit 20 November 2011 Semester 1 (satu)
M. Penyelenggara : Guru Bimbingan dan Konseling
N. Alat dan perlengkapan yang digunakan : White board, spidol, laptop, dan LCD
O. Media khusus : video
P. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan :
Ø Pemahaman materi layanan
Ø Mengamati siswa selama mengikuti kegiatan layanan
Ø Partisipasi siswa dalam memberikan tanggapan
Q. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
Ø Sebagai titik tolak pelaksanaan layanan BK, selanjutnya sesuai dengan jenis layanan yang ada.
Ø Sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam layanan konseling perorangan.
R. Catatan Khusus :
Ø Siswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan BK di Sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar